Langsung ke konten utama

Hujan Sore-Sore

Hari ini gerimis-gerimis kecil kembali berjingkrak dengan cipratan-cipratan air rintiknya Aku berjalan di bawah payung ungu mudaku hingga tiba-tiba perjalananku yang cukup nyaman terganggu oleh sebuah sepeda motor ‘gedhe’ (begitu aku menyebutnya) melintas di sampingku dengan kecepatan tinggi, yang entah secara sengaja atau ngga membuat genangan air di sampingku muncrat ke mana-mana, dan bisa diduga bajuku yang semula kering kini jadi basah dan kotor tak beraturan.

“HEEEYYYY!!!!” teriakku agak sedikit marah. Tapi yang bikin aku jadi lebih kesal, dia seperti ngga mendengar aku teriak, terbukti dengan dia sama sekali tak menoleh ataupun berhenti ketika mendengar teriakanku.

“COWOK SINTING LO!” teriakku lagi. “Budeg kale ya tu orang.” batinku

Rumahku emang ngga begitu jauh dari tempatku bersekolah, hanya empat ratus meter kurang dikitlah. Makanya tiap hari yaaa ‘walking-walking’ gitu deh. Hehehe…(eh aku kan lagi marah kok malah ketawa sih!) begitu nyampai rumah eeehhh malah nyokap ngomelin aku gara-gara baju yang belum genap dua hari terpakai mesti dicuci lagi saking banyaknya noda air kotor en lumpur yang warnanya kecoklat-coklatan. Pokoknya hari ini begitu sangat menyebalkan. Huh!!

Mataku terpejam. Hari ini aku berharap akan menjadi my special days. Hari dimana aku ga musti marah-marah, hari dimana aku ga perlu kesal, hari dimana aku harusnya ga mempermalukan diriku di depan Fian, cowok gebetanku, hari dimana aku harusnya ngga salah melakukan pembagian sederhana. Gila aja dah SMA gituuu….hariii gini sepuluh dibagi delapan hasilnya nol koma delapan, satu koma dualima lagiiii. Aku menyesal knapa aku bisa jadi bego banget gitu. Apa ada yang salah ya dengan otakku. Emang sih akhir-akhir ini aku terlalu banyak mikirin my prince charming itu. Tapi….ga seharusnya aku jadi lemot gitu. Malu-maluin aja. Eeehh sialnya lagi begitu pulang kena omel lagi. Huh!! Ga pada inget apa hari ini aku nambah umur satu tahun. Emang sih cuma nambah satu, tapi coba bayangin nambah satu tahun kan tandanya, waktu kita di dunia makin berkurang. Paling ngga ada yang inget gitu ato gimana kek. Tapi sapa juga yang mo peduli ama aku. Bahkan nyokapku sendiri juga sepertinya adem ayem aja. Masa sih ngga inget kalo di tanggal ini pernah nglairin anak caem gini. Yaaa…maklum deh nyokapku tuh sibuk bnaget. Dia ada bisnis catering yang lumayan laris manis di rumah. Bokap??? Wah makin ngga tau deh gimana kabarnya. Udah sebulan ini ngga pulang. Maklumlah kerja di laut tuh emang gitu. Ga pasti kapan pulangnya. Bukan nelayan atau nahkoda sih..tapi bokap tuh paling pinter di bidang navigasi pelayaran. Jadi yaaaa gitu deh. Tiba-tiba Deva, adik cowokku yang tengil berlarian menuju ke arah kamarku, membuat buyar lamunanku. Tengil adalah ungkapan kegemasanku padanya. Jadi, sebenarnya ngga ada maksud apa-apa. Tapi ngga tau kenapa nyokap pasti marah kalo aku manggil Deva denagn nama itu.

“Mbaaaaakkkkk Anndllllaaaa…”

“Iya adekku thayank!! Ada apa??”

“Ini minta tolong gambalin olang duduk.”

“Loh…Deva lum bisa??” dan si Tengil hanya cukup menggeleng untuk memberikan jawabannya. Dengan sedikit keahlianku aku berusaha menggambarkan secara sederhana apa yang diminta adekku itu. Aku cukup puas meski gambarku hanya terlihat seperti coretan ngga jelas tapi adekku berteriak kegirangan.”Ho…llleeee!!! Baguss!” dan aku jadi merasa sedikit bangga ama diriku sendiri. Apalagi tiba-tiba Deva mendekat dan mengecup pipiku.

“Makacih Mbaakk!!” hal itu cukup membuatku merasa dihargai.

“Iya. Sama-sama” jawabku sambil mengacak-acak rambutnya. Kemudian Deva meninggalkanku dan tenggelam lagi dalam lamunanku.

###

“Hah!! Gimana seh, Din! Ada ulangan kok ngga bilang-bilang…aduh mana lum belajar lagi. Sumpah gue ngga tau.” Andra kelimpungan nyari catatan sejarahnya yang berceceran.

Dini temen sebangkunya hanya nyengir lebar. “Sori..gue lupa, Ndra! Bener-bener lupa…maafin ya..!” Dini emang beneran lupa pas itu Andra dipanggil guru wali ke kantor dan pas itu juga Pak Didik guru sejarahnya ngasih pengumuman about ulangan minggu depan. Begitu Dini menoleh ke samping kanannya, tampak Andra lagi sibuk komat-kamit persis kayak dukun ngucapin mantra. Dan Dini tau kalo itu tandanya sobatnya itu ngga boleh diganggu.

Pak Didik mulai membagikan secarik kertas kosong ke seluruh kelas. Hingga akhirnya dibacakannya sebuah soal. Soal pertama masih lumayan gampang, tapi soal-soal berikutnya jangan ditanya rumitnya ampuuunnn deh! Mending kalo pertanyaannya essai paling ngga kan bisa ngarang-ngarang dikit gitu. Nah, ini jawaban singkat…cepet lagi. Mana kalo ada jawaban kosong harus rela nilainya minus tiga. Hiks…pedihnya. Dini mencoba melirik jawaban Andra, Dini benar-benar kaget begitu ngeliat jawaban Andra penuh, lalu melirik jawaban miliknya sendiri yang ternyata banyak yang bolong.
Begitu ulangan selesai, Dini menyenggol sikut Andra. “Lo bisa semua ya??”

“Ah..ngga juga, kebetulan tadi banyak yang keluar dari yang gue baca barusan.” Andra merendah.

“Gileeeee….baru juga lo 15 menit baca catetan, gue yang dua jam baca tuh catetan kagak ngerti-ngerti….hebat lo! Ngga nyangka ya temen gue ini…” Dini merangkul pundak Andra erat. “….ngga nyangka kalo kemaren ini anak salah ngebagi angka…” lanjutnya lagi.

“sialan lo….!” Jawab Andra sambil nyengir lebar.

“ssstt..tuh prince lo lewat barusan.

“Eeeehh..mana…mana….!!1” Andra melongok terlalu ke depan hingga tiba-tiba aja dia jatuh terjerembab. ‘GEDUBRAAAKKK!!”

Dan sekali lagi hari ini Andra jadi bahan tertawaan anak satu kelas.
Begitu pulang sekolah……

“Ndra…lo mo ngapain???”

“Gue mo ngebales cowok yang tempo hari ngebikin baju gue kotor kena lumpur.”

“ngapain juga coba…lo tu. Emang lo juga tau sapa tu co? nggak juga kan??”

“ya emang ga tapi gue masih inget kok motor gedhenya. Yukkk ke tempat parkir.”

“yaaa.. terus kalo tau motornya lo mo ngapain?? Mo nungguin tu orang??”

“nggak.”

“trus??”

“Ngempesin ban-nya”

“Gila lo. Kalo ketahuan berabe tau.”

“sebodo amat. Gara-gara dia juga, gue kena marah nyokap.”

“Wah, sori Ndra! Kalo buat urusan begituan gue bener-bener ga bisa ikutan”

“Yaaahhhh..tapi Din…”

“gue cabut dulu…byeeee…” Dini pun pergi meninggalkan Andra dengan sejuta kecemasannya. Andra hanya bisa pasrah…celingak-celinguk takut kalo tiba-tiba aja ada seseorang yang memergoki perbuatannya itu. TApi begitu dirasa aman Andra dah ngerasa dia bener-bener harus ngebales perbuatan tu cowok. Hingga terbesit dalam hatinya sebuah pertanyaan…”aduhh…kira-kira bener ngga ya ni motornya? Ntar kalo ternyata bukan???” andra langsung menghentikan kegiatannya. Sebelum dia berbuat salah dia berjalan pelan dari ujung tempat parkir ke ujung yang lain. Mengecek kalo-kalo ternyata ada dua atau lebih motor yang sama. Setelah dia yakin kalo motor ‘gedhe’ yang dia maksud itu hanya ada satu itu..dia pun kembali melancarkan aksinya. Andra duduk jongkok sambil memutar penutup lubang angin ban motor gedhe itu agar terbuka. Tapi begitu dia hampir menyelesaikan pekerjaannya tiba-tiba aja ada sebuah suara berat di belakangnya.

“Ehem…lo apain motor gue???”Andra melonjak kaget. Dengan suara yang gelagapan dan mengumpat dalam hati. Begitu dia melihat si pemilik suara berat itu dia kembali dikejutkan. Ternyata sang pemilik motor gedhe itu…….

“Fiiia…an…”

“Nah, lo tau gue! Trus ngapain lo di sini??!” Fian agak sedikit ngebentak. Dan begitu dia tahu kalo ban depannya kempes dia mulai uring-uringan.

“HEH!!!! LO APAIN MOTOR GUEEEE!!!!”

Andra juga ga suka dibentak-bentak kayak gitu. Dia pun mulai memberikan serangan balasan.

“ Heh!!! Lo juga ngapain kemaren naek motor asal aja! Gue tau motor lo keren…tapi pleaaaaassseeeee deeeeeh motornya emang keren tapi…si empunya kagak punya mata plus telinga.”

“Heh! Perempuan!! Jangan macem-macem lo!”

“Emang knapa? Gue ngga takut ma lo kok! Lagian gara-gara lo baju gue kena lumpur semua!!! Susah ilang tau. Huh! Dasar belagu!!”

“Lo tuh….” Fian mencengkram pergelangan tangan Andra

“leppp…lepaasiin!!!” Andra meringis kesakitan.

“Lo benerin motor gue ngga??!!’ ancamnya.

“Ogah. Lo sendiri ga mau bersihin noda baju gue kan??” balasnya.

Tiba-tiba Fian tersenyum licik, dan yang mengejutkan adalah tiba-tiba dari mulutnya terlontar permintaan yang mengejutkan.

“LO tuh cewek unik.”

“Ap..apaaan sih…lepasin dong!” Andra mencoba melepaskan cengkraman tangan Fian di pergelangan tanganya.

“Mo jadi cewek gue ngga???” pernyataannya barusan mengejutkan Andra.

“ Lo tuh sinting ya??” Andra bersungut tak percaya.

“Terserah apa kata lo.” Tiba-tiba nampak Fian mengerutkan dahinya “oke gini aja, gue kasih lo waktu tiga hari dan ngga lebih buat berpikir. Gue tunggu jawaban lo, di sini. Sepulang sekolah. Dan gue anggap kasus ini selesai. Oke!” Fian berkata seenaknya.

“Heh! Lo pikir gue cewek apaan!!! Seenaknya aja lo! Lagian sapa lo??? Lo juga ngga kenal gue?? Lo tuh bener-bener sinting!!”

“terserah nona manis! Itu tawaran dari gue.”

“Tawaran??? Tawaran buat apaan??? Buat jadi selingan lo?? Tawaran buat jadi koleksi lo??? Kalo gitu gue jawab sekarang. O-G-A-H!!!!” Pergelangan tangan Andra berhasil terbebas dari cekalan kuat si Fian. Dia hendak berbalik namun,….

“EEiiits….bentar! Satu hal sebelum lo berpikir aneh-aneh!” Fian menegaskan.
Andra hanya melotot marah.

“Gue ga pernah mengoleksi cewek, gue juga bukan cowok sebrengsek itu, gue ngajak lo jadian karena emang gue pengen lo jadi cewek gue. Jadi, gue lum terima jawaban lo barusan. Tiga hari!Gue kasih waktu lo tiga hari buat ngeberesin otak lo!” Fian mengacungkan tiga jarinya. Kemudian Fian menuntun motor gedhenya, meninggalkan Andra dalam kebingungan.

“Heh!!! Otak lo tuh yang musti dibereeeeesssiiiiiiinnnn!!!!!!!” Andra berteriak sekuat tenaga. Dan Fian hanya tersenyum.

# # #

“Brugkh!!!!” Andra menghempaskan tubuhnya di tempat tidurnya yang empuk. Pikirannya melayang pada kejadian beberapa waktu lalu.

Knapa bisa jadi bribet gini sih urusannya??

Andra tetep aja bingung dan ngga ngerti kenapa orang yang selama ini dikaguminya diam-diam itu, yaaaa…mesti Dini juga tau seeehhhh, tapi suer cuma Dini kok yang tau, sumpaaaahhhh!!! Malah ngajak dia jadiaaann!!! Kayaknya otak Fian mulai rusak beneran deh!

Ngapain juga gue musti nerima tawarannya, toh paling beneran cuma buat mainan dia aja. Ogah banget. Gue kan maunya dia nawarin itu karena emang dia suka gue apa adanya, bukan buat nebus ban motornya yang gue kempesin? Tapi…..

Tiba-tiba Andra tersenyum sendirian. Dalam pikirannya udah tersusun rapi sebuah rencana.

Tiga hari kemudian, seperti yang udah disepakati Andra menunggu Fian di areal parkir. Dan akhirnya mulai hari itu lahirlah pasangan baru di sekolah. Beberapa hari semenjak hari itu banyak mata yang terus aja menatap Andra dengan tatapan iri. Yaaa iyalahhh….cowok sekelas Fian emang pantes direbutin en diributin banyak cewek. Dari awal jadian ampe hari ini Fian masih menunjukkan sikap baiknya, lum ada tanda-tanda dia mulai bosen, selingkuh, yaaa hal-hal yang udah sering dia lakukan kalo dah jadian ama cewek. Andra makin bingung, dia emang suka ama Fian. Tapi hingga dua bulan mereka berdua jadian si Fian belum pernah ngomong, suka ato cinta ke dia. Padahal si Andra awalnya berniat buat mutusin Fian begitu Fian ngomong cinta ke dia.

Hingga pada akhirnya…….

“Kok kamu diem aja Ndra? Knapa? Aku bikin salah ya?” Fian mulai kebingungan dengan sikap Andra yang mulai aneh itu.


“Ngga papa” Andra menjawabnya singkat.

“Tuh kan??? Kumat deh ngambeknya.” Fian agaknya telah mengenal Andra dengan baik.

“Kamu tuh aneh deh Yan.” Andra menatap sekilas Fian dan kemudian meninggalkannya dalam kebingungan.

“Apanya yang aneh?” Fian bergumam. “Entahlah” Fian mengangkat kedua bahunya.

###

“Kenapa ya kok perasaanku ma Fian tiba-tiba jadi aneh. Jadi biasa banget gitoe..ngga kyak dulu, pas lagi heboh-hebohnya..?!” Andra bercas-cis-cus ama Dini via telepon.

“kale aja lo cuma penasaran doank Ndra…!? Iikh..tapi sumpe deh..sayang kali lo nyia-nyiain cowok secakep dia. Gila aja!Lo ndiri tau kan berapa banyak cewek yang mencoba mencari celah diantara lo en dia. Berapa banyak cewek_ yang jujur aja nie..lebih cantik daripada Lo, nungguin lo en dia putus.Udah deh Ndra…ngga usah ambil pusing. Nikmatin aja gila! Gue aja mau tuh gantian jadi pacar Fian sehabis Lo.”

“Yeee lo itu ngga lucu tauk….!” Prakk Andra membanting teleponnya.

“Halo..Ndra…Andra…yaaahhh tu anak marah…??!” Dini bengong ngga menyadari kesalahannya.

Beberapa hari kemudian......

”Din,...gue dah putus ma Fian.” Andra dengan wajah yang tanpa ekspresi melorotkan tas selempang dari bahunya kemudian duduk terdiam di samping Dini, seperti yang terjadi pada hari-hari biasa di sekolah. Hanya saja kali ini gerak tubuh Andra lain dari pada biasanya. Lesu banget.

”Lo yang mutusin?” Dini seperti udah ngga terkejut.

Andra menggeleng

”Hah!! Fian yang mutusin??” Sekarang mata Dini melotot.

”Iya.” Andra menggangguk mengiyakan. ”Dan gue ngga tau apa alasannya” lanjutnya. Membuat Dini sebagai sahabatnya mengernyit dahi.

”Tapi lo juga lega kan?Bukannya lo juga dah ngerasa hambar jalan ma dia.” Dini bermaksud untuk melegakan.

”Ngga tau juga sih Din,..aneh gue kok merasa kehilangan banget ya.”
Sigh!

Satu minggu telah berlalu.Kabar berakhirnya hubungan Andra dan Fian menjadi cerita terhangat di seantero sekolah. Ada yang ngga percaya, ada juga yang dengan sangat yakin menegaskan kalo emang ngga pantes si Fian jalan ma Andra. Bahkan ada yang dengan kejamnya ngomong di depan Andra kalo si Fian udah ada gandengan baru. Alya.

”Dah tau berita yang lagi santer Ndra. Berita ini benar-benar pas di bawah urutan berita putusnya lo ma Fian.”

”Lo tuh mo ngledek ya. Temen lagi susah gini malah lo tambahin susah.”

”Sori deh Ndra...tapi kupikirlo kudu ngerti ni kabar. Ini soal Fian.”

Deg!

Aku dah punya bad feeling buat berita yang bakal disampaiin Dini kali ini.

”Fian kayaknya emang punya gandengan baru deh Ndra. Alya. Anak kelas sebelah.”

”Udah tau kok.” Jawabku sambil mengembalikan posisi bertopang daguku. Dan hal ini cukup membuat Dini sedikit heran karena aku tampak baik-baik saja tapi tampak ngga baik juga.

Aku dah tahu berita ini bahkan jauh sebelum anak-anak lain mencium bau ini. Tapi yang membuatku masih bertanya adalah kenapa Fian ninggalin aku tanpa alasan. Karena Alyakah? Atau emang dia udah bosan padaku seperti hubungannnya yang sudah-sudah. Jujur aku cukup terluka juga. Meski pada awalnya aku juga udah merasa hubunganku dengan Fian hambar, tapi baru ketika aku merasa bahwa aku benar-benar membutuhkan dia, dia memutuskan aku dan tiba-tiba dekat dengan cewek lain. Apa sih maunya??! Aku harus menanyakan ini semua padanya. Tapi...kalo boleh jujur, Alya emang cantik sih, badannya ramping kayak model, smart, pokoknya semua hal yang diinginkan cewek-cewek ada padanya. Pantes juga sih Fian jalan bareng ma dia. Bego ngga sih kalo aku nanyain alasan kenapa dia pergi ninggalin aku kalo aku dah tau jawabnnya. Akh! Bodo! telpon aja dia.

Tuuuut.....! Ngga ada tanda-tanda Hpnya diangkat. Tuuut yang kedua, masih sama. Apa dia ngga mau lagi ngomong ma aku ya. Tuuut yang ketiga.

”Halo,...”

”Fian..ni aku Andra.” Suaraku tiba-tiba hilang. Lupa mo ngomong apa.

”Oh, lo Ndra.”

Ya ampun dia manggil aku ’lo’. Dia bener-bener emang pengen ninggalin aku.

”Yan,..boleh nanya sesuatu.” Tanyaku hati-hati.

”Ya, silakan aja.”

”Kamu minta kita putus karena Alyakah?”

”.......” Ngga ada jawaban.

”Fi..an.” panggilku.

”Percaya aja dengan apa yang lo percayain.”

”Kok kamu ngomongnya enteng gitu. Yan,..ini bukan persoalan percaya ato ngga. Tapi yang pengen aku tahu tuh, the reason why did you broke me up. Karena dia kah?”

Lama tak ada jawaban dari Fian. Hingga akhirnya sebuah jawaban yang membuatku beku sesaat. “Iya.”

Ya Allah…iya katanya. Aku terdiam begitu lama. Meresapi tiga huruf yang mematikan itu. Hingga akhirnya aku bisa kembali mengeluarkan suaraku.

”Makasih buat semuanya ya Yan. Makasih buat kejujuranmu. Bye.” Kututup telepon itu dan aku kembali menuju ke kamar dengan langkah gontai. Air mataku tak bisa tertahankan lagi.

Dua bulan setelahnya, kudengar kabar Alya telah tiada setelah aku tak lagi pernah melihatnya dalam satu bulan ini. Dia menderita leukimia, dan dokter telah angkat tangan dalam mengobati penyakit yang dideritanya itu. Aku cukup kaget juga mendengarnya, karena jujur siapa sih yang ngga kenal Alya? sapa sih yang ngga iri ma orang kayak dia? ngga ada yang bakal jawab ngga. Semua anak seantero sekolah pun tahu siapa Alya, yang mana Alya. Kulangkahkan kakiku menuju pintu kelas. Aku mo pulang. Hari udah menjelang senja dan aku udah cukup lelah untuk bertanya, untuk berpikir. Hanya ingin pulang dan tidur. Titik. Namun sebuah tubuh tegap menghalangi langkahku.

”Fi..an? Kenapa a...da di si..ni?” ucapku terbata saking kagetnya. Entah kenapa tiba-tiba dia memelukku erat.

”Kamu kna..pa Yan?”

”Ndra...maaf dulu Alya memintaku untuk menjadi kekasihnya selama dia masih punya kesempatan buat hidup. Maaf. Aku ngga bisa bilang karena udah janji ma dia.” Dia masih tetap tidak melepaskan pelukannya. Aku tersenyum di dalam rengkuhannya.
Fian kembali. Aku tahu dia pasti kembali.

-the end-

(28 Maret 2007)

Komentar

  1. di setiap tetesan hujan mengandung kenangan di dalamnya

    BalasHapus
  2. @heri: iya bahkan hujan pun punya cerita....

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

dongeng Si Gajah dan Si Badak

dongeng Si Gajah dan Si Badak April 14th, 2008 Suatu hari di sebuah hutan belantara tampaklah seekor gajah yang berbadan besar dengan belalai panjangnya sedang bercengkrama dengan seekor badak. Si Badak terpesona melihat dua gading gajah yang membuat Si Gajah makin terlihat gagah. Kemudian Si Badak bertanya " Jah…Gajah…kok kamu bisa punya sepasang cula yang hebat begitu bagaimana caranya tho?…kamu terlihat semakin gagah saja". Lantas dengan bangga Si Gajah pun bercerita tentang puasa tidak makan tidak minumnya selama 80 hari. Berkat puasa itulah Si Gajah bisa mendapatkan cula yang hebat seperti yang Badak lihat sekarang. Akhirnya karena Si Badak juga ingin tampil gagah, dia pun mulai menjalani puasa 80 harinya seperti yang Si Gajah lakukan. Seminggu kemudian…… "Ahhh…enteeeeeng…." Badak sesumbar. Dua minggu berikutnya…… Si BAdak mulai sedikit lemas, dia masih bertahan meski rasa lapar, rasa haus kian menghantuinya. Dia iri melih

Sebuah esai tentang kebudayaan bersifat simbolik

Di sebuah stasiun TV Swasta terlihat ada sebuah penayangan mengenai kehidupan sebuah suku yang masih kental dengan keprimitifannya. Sebut saja salah satu suku di Afrika. Tampak di sana sekelompok manusia berpakaian seadanya, sedang duduk mengelilingi api unggun. Kepala suku mereka sedang menceritakan kepada anggota kelompoknya yang lain, menceritakan mengenai sebuah batu yang tiba-tiba saja terlempar dari arah gunung berkapur hingga hampir membuatnya celaka, hingga detik itu juga dia, selaku kepala suku di sana menyatakan bahwa benda tersebut adalah ‘benda jahat atau benda setan’. Simbol tersebut dia gunakan sebagai bentuk kekhawatirannya terhadap anggota kelompoknya yang lain, sehingga mendorong agar anggota yang lain selalu waspada. Bentuk pengungkapan itu membudaya dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Hingga kemudian manusia menjadi lebih pandai dan cerdas hingga benda yang disebut-sebut sebagai benda jahat itu hanyalah sebuah bongkahan batu yang secara tidak sengaja terlempa

Langkahkan Kakimu dan Luaskan Pandanganmu

    Ada banyak kota di dunia ini yang bisa saja saya tulis dan saya rangkai untuk kemudian menjadi tokoh utama dalam tulisan ini. Sayangnya, ternyata urusan memilih kota impian itu tidak lah semudah seperti memilih baju mana yang hendak dipakai di dalam tumpukan baju yang belum disetrika. Njlimet saya tuh orangnya… :D Eropa, US, Canada, Oz, New Zealand, Egyptian, Southern Asia, hingga East Asia macam Seoul, Japan, negara dan kota yang nge-hits belakangan karena faktor serial drama-dramanya   juga tak membuat saya lantas menisbahkan mereka untuk menjadi salah satu kota yang ingin saya kunjungi. Ya seneng juga melihat beberapa teman sudah banyak yang berhasil menapaki diri ke sana, entah karena pekerjaan, karena sekolah, karena usaha kerasnya sedari dulu, karena memenangkan undian, atau yang karena dapat bonus dari usahanya mengejar poin, bahkan ada juga yang karena pasangannya horang tajir melintir, akhirnya kesempatannya untuk bisa bepergian keliling Indonesia bahkan ke lua